5 Ide Bisnis Sampingan Karyawan dengan Modal Kecil

Bisnis sampingan karyawan merupakan salah satu strategi untuk mendongkrak penghasilan Anda. Untuk menambah penghasilan Anda, Anda dapat memulai berbagai perusahaan sampingan sebagai karyawan swasta.

Menjadi pegawai swasta atau negeri bisa membanggakan karena dianggap memiliki gaji tetap setiap bulannya. Sayangnya, ada kalanya pendapatan bulanan yang dihasilkan tidak cukup untuk membangun aset berharga, melakukan investasi, dan menabung.

Usaha sampingan ini harus menjadi salah satu yang dapat Anda kelola bersamaan dengan pekerjaan Anda di tempat kerja. Jaga agar perusahaan sampingan karyawan Anda tidak menghambat produktivitas Anda di tempat kerja.

Berikut Bisnis Sampingan Karyawan dengan Modal Kecil

Daftar usaha sampingan karyawan berikut ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang membutuhkan uang tambahan di luar gaji bulanan. Berikut adalah beberapa bisnis yang bisa Anda kelola.

1. Reseller atau Dropshipper Barang Fashion Online

Bisnis sampingan karyawan yang pertama tersebut adalah menjual kembali barang-barang fashion yang dibeli secara online. Anda tidak perlu banyak uang untuk mulai menjual barang-barang fashion secara online.

Hanya produk yang dipasok oleh pemasok yang harus dijual dalam situasi ini. Melalui situs e-commerce ternama atau akun media sosial Anda, Anda bisa mulai menjual barang. Mulailah dengan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan Anda dengan menawarkan produk berkualitas tinggi dengan biaya yang masuk akal.

Jika Anda memutuskan untuk menjadi dropshipper atau reseller, supplier akan mengurus pengemasan dan pengiriman produk Anda. Anda dapat menganggap ini sebagai bisnis sampingan karena banyak karyawan swasta juga menjalankan sampingan sebagai dropshippers online atau reseller barang-barang fashion.

2. Berjualan Kopi 

Anak muda sangat tertarik untuk memulai bisnis minuman kopi. Bagi Anda yang ingin membuat bisnis sampingan karyawan Anda bisa memanfaatkan kemungkinan ini. Anda tidak perlu membuat kedai kopi besar untuk menjual kopi spesial Anda. Jual kopi kreasi sendiri ke rekan kerja atau anggota keluarga dekat terlebih dahulu.

Untuk membuat seduhan kopi yang nikmat, cobalah melakukan eksperimen. Ikuti kursus barista terlebih dahulu jika perlu untuk memastikan bahwa Anda benar-benar memahami cara membuat kopi dan memilih biji kopi yang berkualitas.

Jika ditelusuri dengan baik, perusahaan sampingan karyawan ini bisa menjadi pilihan yang menggiurkan. Cobalah hal-hal baru, tidak ada yang salah jika Anda mencoba.

3. Broker Properti atau Kendaraan

Karena komisi yang ditawarkan seringkali cukup tinggi, industri real estate dan otomotif sebenarnya sangat menjanjikan. Misalnya, jika biayanya 1% dari harga jual rumah, Anda akan menerima komisi yang cukup besar.

Pastikan pekerjaan utama Anda tidak diabaikan jika Anda memutuskan untuk memulai bisnis sampingan karyawan ini di industri real estate atau otomotif.

4. Industri Barang Persewaan

Salah satu bisnis atau usaha sampingan untuk karyawan yang juga banyak diminati adalah industri produk persewaan. Anda dapat memulai bisnis dengan menyewakan apa saja, termasuk kamera, tenda, pakaian, dan kendaraan.

Misalnya, Anda memiliki kamera DSLR yang tersedia untuk disewa per jam. Selain menyewa kamera, Anda juga bisa menyewa tripod, lensa, dan perlengkapan kamera lainnya.

Anda awalnya dapat menggunakan mekanisme setoran untuk menghentikan kerusakan pada barang yang disewa. Jumlah deposit yang disimpan oleh pengguna layanan persewaan akan langsung diterapkan pada biaya perbaikan.

5. Layanan Pembuatan Blog atau Website

Bagi Anda yang berpengalaman dalam desain situs web atau blog mungkin menganggap ini sebagai peluang bagus. Yang Anda butuhkan untuk bisnis sampingan karyawan ini hanyalah laptop dan koneksi internet yang andal.

Tetapkan biaya berdasarkan seberapa menantang desainnya. Jangan lupa untuk mengiklankan jasa desain blog dan website secara online maupun di media sosial. Ini adalah beberapa bisnis sampingan yang dapat membantu Anda menghasilkan uang tambahan.

Tidak ada salahnya menjadikan usaha sampingan karyawan menjadi usaha tetap dengan menggalang dana jika usaha tersebut cepat sukses. Anda tidak membutuhkan banyak modal untuk mengoperasikan bisnis sampingan karyawan.