Cara Mengirim Cerpen ke Kompas

3 min read

Mengirim Cerpen ke Kompas

Cara mengirim Cerpen ke Kompas beserta tipsnya yang harus anda ketahui. Seperti yang dapat kita lihat di beberapa waktu yang lalu, Kompas sendiri telah mengadakan seminar via online khusus untuk materi tentang mendapatkan ide menulis cerpen, teknik, motivasi dan tips cara mengirimnya.

Cerpen adalah ada singkatan dari kata cerita pendek yang artinya sebuah pemuatan cerita yang diolah sependek mungkin. Artinya kata-kata yang digunakan harus sesuai dengan kaidah-kaidah cerpen. Cerpen sudah menjadi alat yang banyak digunakan tuk menceritakan tokoh masyarakat.

Belakangan ini beberapa media memang sedang membuka banyak sekali konten writer atau content placement di web web besar mereka. Misalnya saja kompas.id, yang belum lama ini mengadakan seminar lewat jarak jauh dalam pertemuan online yang menyatakan bahwa membuka lokak cerpen.

Bagi sebagian orang yang suka menulis cerpen, maka hal ini akan sangat membuatnya bersemangat. Terlebih lagi jika seandainya cerpen yang ia tulis dapat diterima dan banyak dibaca orang, artinya cerita pendek yang ia bagikan sangatlah bermanfaat bagi sesama.

Namun untuk dapat diterima, maka anda harus memperhatikan tips mengirim cerpen ke Kompas. Di bawah ini lengkap sudah kami Tuliskan bagaimana cara mengirim cerpen ke Kompas beserta tips dan trik yang harus anda lakukan saat ini juga. Apa saja itu yuk simak sampai selesai.

Tips Mengirim Cerpen ke Kompas

Cara Mengirim Cerpen ke Kompas

Sebenarnya ada banyak sekali Cara Mengirim Cerpen ke Kompas beserta tips yang bersifat basic dalam pembuatan cerpen. Anda bisa mendapatkannya melalui materi-materi yang pernah dipelajari di sekolah dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Namun untuk dapat diterima oleh Kompas, maka dibutuhkan yang namanya tips.

Sebelum Anda yakin untuk mengirim cerpen Anda ke Kompas, maka kami benar-benar sangat menyarankan untuk memeriksanya kembali dan mengikuti tips mengirim cerpen ke Kompas yang kami bagikan ini. Kami sangat yakin Anda bisa melakukannya, sudah siap yuk mulai.

  • Tips yang pertama adalah perhatikan soal bahasa secara gramatikal yang benar.
  • Perhatikan bahasa yang mengandung kesegaran yang diolah secara sengaja beserta unsur-unsur puitis yang elegan dan menawan.
  • Perhatikan juga pada alur-alur cerita yang seakan-akan kejadian itu dapat masuk ke dalam pikiran orang yang membaca.
  • Gunakanlah cerita yang terstruktur dan terolah bukan cerita yang asal-asalan atau asal jadi.
  • Ada juga dapat mengeksplorasi berbagai gaya cerita seperti absurd maupun solilokui.
  • Jangan lupa pastikan cerita atau cerpen tidak keluar jalur dari tema yang diinginkan.
  • Sesekali kejutan dengan hal-hal yang to the point terhadap cerita yang anda buat agar terlihat wah.
  • Fokus untuk mengirim 1 sampai 2 cerpen dalam waktu 30 hari atau sebulan.

Itulah beberapa tips yang harus anda perhatikan. namun anda juga harus melihat ke bagian-bagian yang tidak perlu over atau memiliki kesan seakan-akan miskin eksplorasi. Jadi sesuaikan dan jangan sampai berlebihan dalam menyampaikannya. Buatlah seakan-akan misterius.

Namun hal itu tidak akan digunakan di saat Anda membuat cerpen dalam tema yang lain. Tema lain misalnya tentang kehidupan, keseharian anda bersama teman-teman, Bagaimana anda bermain, dan masih banyak lagi tentunya. Nah ada satu hal yang harus Anda pahami betul.

Banyak orang yang menulis cerpen tanpa memperhatikan pembukaan. Padahal kata-kata pembuka adalah kunci utama kesuksesan Penulis cerpen yang dapat Meninggalkan pesan baik terhadap pembaca. Mengapa demikian, karena editor Kompas akan memilah dan memperhatikan kata pembuka.

Perhatikan juga pada penggunaan bahasa yang menggunakan ejaan. Penting bagi anda untuk menyentuhkan gaya bahasa yang penuh inovasi dan segar di dalam pikiran si pembaca, supaya pikiran pembaca dapat masuk ke dalam alur cerita yang anda Tuliskan di cerpen tersebut. Gaya tulis tersebut juga wajib Anda gunakan di pembukaan.

Pembukaan adalah rangkuman dari hampir keseluruhan isi konten. Maka dari itu kami katakan tadi untuk memperhatikan kata pembukaan, bisa dibuat seakan-akan misterius dan menjadikan si pembaca Makin penasaran. Jika iya penasaran maka otomatis dia akan terus membaca sampai ke bagian akhir.

Cara Mengirim Cerpen ke Kompas

Cara Mengirim Cerpen ke Kompas

setelah anda mengetahui beberapa tips di atas maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengirim cerpen ke Kompas. Jangan lupa untuk menyiapkan cerpen yang memiliki kata atau panjang sekitar 10.000 kata. Jika lebih dari itu juga bisa misalnya Rp 15.000 kata untuk dikirim ke Kompas.id.

Lu kami sampaikan lebih awal supaya tidak ada informasi yang ketinggalan. Setelah cerpen dikirim maka ada jangka waktu selama 3 bulan lamanya sampai ada pemberitahuan bahwa cerpen Anda diterima. Jadi jangan mengeluh jika belum ada notif dari Kompas.id dan jangan putus asa Jika ternyata ditolak.

  1. Langsung saja Buka email anda di ponsel
  2. Kirim cerpen ke email opini@kompas.com (koran Minggu)
  3. Atau Mengirim Cerpen ke Kompas cerpen@kompas.com untuk media informasi Kompas
  4. Jika sudah dikirim maka anda perlu menunggu hingga 3 bulan lamanya
  5. Jika sampai 3 bulan belum ada pemberitahuan maka penulis dapat menarik cerpennya
  6. Cara menariknya juga cukup dengan mengirim surat penarikan cerpen redaksi

Hal Yang Harus Diperhatikan

Cara Mengirim Cerpen ke Kompas

Selain dari tips dan cara mengirim cerpen ke Kompas, maka Ada hal lain yang harus diperhatikan lebih lanjut lagi. menurut Bli Putu Fajar Arcana selaku narasumber kedua, terdapat beberapa faktor lain yang bisa menentukan cerpen tersebut akan diterima atau tidak.

  • Kesalahan dalam penulisan seperti tipu atau gramatika l bisa dianggap sebagai sikap yang tidak menghormati bahasa penulisan
  • Perhatikan pada pembukaan agar memiliki daya tarik yang sangat kuat
  • Perhatikan unsur-unsur di dalam cerpen seperti konsistensi, etika, karakterisasi kecermatan, Logika dan penggunaan bahasa
  • Cerpen tidak boleh ditulis kembali atau di duplikat dari buku lain
  • Cerpen yang Anda kirimkan ke Kompas tidak boleh dikirim ke media yang lain dalam waktu yang bersamaan
  • Mengirim Cerpen ke Kompas juga harus memperhatikan Topik yang Anda gunakan di dalam cerpen harus relevan dan aktual serta menjadi persoalan masyarakat
  • Cerpen wajib mengandung cerita baru dan udara baru dari sejarah cerpen yang pernah ada
  • Beberapa informasi harus Anda selipkan seperti saran, solusi, pendekatan, pencerahan dan pandangan Anda seperti apa
  • Gunakanlah bahasa yang umum atau populer di kalangan cerita masyarakat
  • Jika anda menginginkan hasil yang bagus maka Tulislah cerpen itu sendirian
  • terakhir Jangan lupa untuk menyertakan data diri serta daftar riwayat hidup singkat dan data-data penting llainnya

Akhir Kata

Baiklah teman-teman, demikianlah pembahasan kita mengenai bagaimana cara mengirim cerpen ke Kompas. Sangat mudah sekali bukan, pastinya anda sekarang sudah mengerti apa yang harus anda lakukan. Kami percaya pada anda lanjutkan perjuangan sampai diterima di media besar.

Baca Juga: Cara Menambah Font di Canva

Jelas suatu kebanggaan jika seandai cerpen yang ada tulis diterima dan dipublikasikan, kemudian Dapat dibaca oleh banyak orang serta bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung dan mengikuti kami hingga selesai. Jangan lupa untuk memberikan tanggapan Anda melalui komentar di bawah ini.

Originally posted on October 4, 2022 @ 2:11 pm

Cara Ngobrol Dengan Google

admin
3 min read

Cara Menambah Font di Canva

admin
3 min read

Cara Membuat Transfer Response

admin
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *